Oenak | Makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi para penikmat kuliner nusantara. Makanan yang berisikan beraneka ragam ...

Resep Cara Membuat Pecel Yang Enak Dan Tahan Lama

Resep Cara Membuat Pecel Yang Enak Dan Tahan Lama


Oenak | Makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi para penikmat kuliner nusantara. Makanan yang berisikan beraneka ragam sayuran seperti kacang , touge, kangkung, bayam, daun kol,timun dan di lumuri dengan bumbu sambal kacang yang lezat. Proses pembuatannya juga sangat mudah yang bisa anda coba di rumah . Bagi anda yang tertarik untuk membuat pecel di rumah, langsung saja kita baca resepnya berikut cara membuatnya....

Resep  Membuat Pecel Yang Enak :


Bahan :

1 ikat bayam, siangi
1 ikat kangkung, siangi
10 lembar daun kol, potong-potong
100 gr kacang panjang, potong 3 cm
100 taoge, siangi
1 buah timun
Bahan sambal kacang:

100 gr kacang tanah, sangrai, haluskan
15 buah cabai rawit merah
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas jari kencur
½ sdt terasi bakar
1 sdm air asam
2 sdm gula merah sisir
2 lembar daun jeruk, iris halus
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya (optional)
Air matang secukupnya
Minyak goreng secukupnya


Cara membuat:

Rebus bayam, kangkung, daun kol, dan kacang panjang dengan air mendidih secara bergantian. Rebus hingga matang. Angkat kemudian tiriskan.
Seduh taoge menggunakan air mendidih. Tiriskan.
Potong-potong timun dengan bentuk bulat atau sesuai selera. Sisishkan sebentar.

Sambal kacang: Panaskan minyak. Goreng cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih hingga layu. Angkat kemudian ulek bersama kencur, terasi, garam, dan penyedap rasa hingga halus. Tambahkan gula merah dan air asam. Ulek kembali hingga halus dan tercampura rata. 

Campurkan bumbu halus dengan kacang tanah halus. Aduk rata. Tuang air matang yang masih panas sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga terperoleh sambal dengan kekentalan seperti yang diinginkan.
Tata sayur bayam, kangkung, kol, kacang panjang, taoge, dan mentimun pada piring saji. Siram dengan sambal kacangnya. Hidangkan.

Nah itulah resep dan cara membuat pecel yang enak , sederhana dan tahan lama. Bagi anda yang ingin mencobanya di rumah ,silahkan ikuti cara nya step - step agar pecel yang anda buat enak dan di sukai oleh keluarga ataupunn untuk anda jual.....selamat mencoba..


0 komentar: